Dampak Penyebab Dan Pencegahan Kanker Payudara



Kanker payudara tentunya kalau masalah hal kanker kita sudah mengetahui namun apakah kita sudah persiapkan sejak dini ? Di indonesia sendiri masih minim akan orang yang peduli kesehatannya sendiri padahal setiap hari di antara 3-6 % wanita indonesia itu rentan sekali dengan kanker payudara yang berujung kematian. Kenapa hal tersebut terjadi ? jawabannya adalah karena masyarakat indonesia kini masih mengganggap penyakit itu hal biasa namun tidak berfikir jauh untuk sedia payung sebelum hujan.
Disamping itu faktor kematian banyak di indonesia karena biaya yang di keluarkan untuk pengobatan kanker sendiri diantara 100 sampai 120 juta untuk satu kali pengobatan itu belum untuk beli yang lain – lain . Untuk kanker sendiri itu bermacam – macam untuk tipenya dan kita kenali dahulu untuk penyebabnya diantaranya :



Faktor keturunan
Banyak dokter yang melihat bahwa sekitar 10 % timbulnya kanker tersebut karena faktor genetik generasi pada keluarga tersebut pada umumnya itu karena Gen kanker Payudara 1 atau yang disebut BRCA1 dan Gen kanker payudara 2 atau BRCA2 kalau hal itu meningkat tentunya akan timbul kanker ovarium.
Kanker payudara ini di tandai pada saluran produksi susu, kalau bahasa kedokteran jenis kanker (cancer invasive ductal carcinoma ) yang di mulai dari sel pada payudara. Disamping itu penyebab kanker payudara selain dari faktor genetik juga karena faktor lingkungan anda.
Disini ada beberapa hal yang menyebabnya peningkatan resiko kanker payudara diantaranya :
·         Kalau wanita rentan sekali dengan kanker payudara di bandingka laki – laki dan kemungkinan besar terjadi pada perempuan
·         Seiring dengan bertambahnya usia anda yang berkisar antara 50 – 60 tahun hal ini lebih rentan sekali atau resikonya lebih besar dibandingkan disaat usia anda masih muda
·         Karena  sejarah keluarga seperti yang telah kami ulas diatas, bahwa perempuan yang memiliki saudara atau orang tua yang memiliki kanker payudara kemungkinan akan terdiagnosa akan lebih besar dibandingan perempuan yang tidak ada faktor keluarga atau keturunan.
·         Memiliki berat badan yang belebihan atau Obesitas hal ini juga meningkatkan resiko untuk timbulnya penyakit kanker payudara
·         Untuk wanita yang usianya mencapai 35 tahun dan baru memiliki momongan kemungkinan besar untuk tingkat resiko kanker payudara juga akan timbul.
·         Pemicu kanker selanjutnya karena minuman ber alkohol dapat pemicu kanker payudara.
Pencegahan Kanker Payudara
Kanker payudara hal ini tidak dapat di cegah namun kita bisa cek ke dokter agar supaya penyakit yang kita derita termasuk kanker atau bukan supaya di diagnosa lebih awal, jadi kita bisa melakukan pencegahan sejak dini agar tidak kankernya tidak berlanjut ke stadium selanjutnya.
Namun kita juga bisa berusaha untuk pencegahan kanker payudara sejak dini diantaranya  :
·         Harus rajin menjaga berat badan ideal dengan rendah lemak serta cukup untuk konsumsi buah dan sayuran
·         Karena masalah kesehatan kita jangan lupa sering cek ke dokter  misal kita terkena untuk penyakit kanker payudara kemungkinan kita masih bisa berobat untuk sembuh semakin besar peluangnya
·         Bagi ibu yang baru memiliki putra / putri masih kecil dan pada saat itu masih menyusui sampai 24 bulan kemungkinan akan menurunkan resiko juga besar disamping itu juga harus rajin – rajin berolahraga sejak usia muda akan memberikan perlindungan yang lama kemungkinan akan sehat dan jauh dari penyakit kanker akan lebih besar.
Walaupun rentan kepada wanita kalau kita merawat diri kita dengan baik kemungkinan besar akan jauh dari penyakit kanker akan lebih baik.
Tag : Kesehatan
Back To Top